Jika saya ditanya apakah menjadi Ahli Gizi adalah cita-cita sejak kecil, tentu saja saya akan menjawab tidak. Waktu kecil jika ditanya tentang cita-cita atau profesi yang diinginkan, pasti jawaban yang sering terdengar adalah dokter, polisi, pilot, artis bahkan astronot. Saat itu saya tidak tahu bahkan tidak pernah mendengar yang namanya Profesi Ahli Gizi dan baru tahu ada profesi ini saat SMA.

Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi tentang jurusan Gizi yang kebetulan sudah saya lewati berapa tahun lalu hehe. Barangkali ada yang tertarik mau kuliah di jurusan gizi juga~ saya sering mendapat pertanyaan terkait jurusan gizi apalagi saat mendekati penerimaan mahasiswa baru, begini : “kak apa yang kita pelajari di jurusan gizi?”, “jurusan gizi? masak masak doang nih?”, “kak, gimana sih kuliah di gizi?” pertanyaan versi orang Poso “jadi kamu ba apa di jurusan gizi?”, “kamu pe jurusan ini bukan perawat? atau sama jo deng dokter?”

Saat mendengar kata gizi yang terpikirkan pertama kali, pasti makanan. Iya, benar. Namun lebih luas lagi dari sekadar makanan, di jurusan gizi kita belajar tentang makanan, pangan dan tentu saja kesehatan. Kita diajarkan tentang zat gizi umum seperti zat gizi makro (karbohidrat, lemak, dan protein) serta zat gizi mikro (vitamin dan mineral) serta zat-zat gizi lainnya yang terkandung dalam bahan pangan.

Jurusan gizi bukan hanya masak-masak aja lho, kita dibekali dengan pengetahuan tentang apa saja yang tubuh butuhkan saat sehat maupun saat sedang sakit. Di jurusan ini kita mengetahui cara menghitung Berat Badan Ideal, menghitung Kebutuhan Kalori Harian, menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) dan menghitung kebutuhan untuk kondisi tertentu seperti saat hamil, menyusui dan kondisi lainnya. Dengan mengetahui rumus-rumus ini pastinya akan sangat berguna untuk kita mengetahui keadaan tubuh sendiri dan orang lain.

Oya, ilmu gizi juga mengajarkan bagaimana peran gizi pada proses berlangsungnya kehidupan mulai dari bayi, balita, dewasa hingga lansia. Sepanjang usia kita pasti berhubungan dengan makanan, sehingga ilmu gizi akan selalu berguna selama masih ada kehidupan. Selain makanan, ada apalagi sih di gizi?

Berbicara tentang gizi memang tidak ada habisnya, selain makanan kita belajar ilmu kedokteran seperti patofisiologis dari berbagai penyakit dan istilah-istilah medis lainnya dan tidak lupa juga terkait hubungan gizi dan genetik. Intinya Ilmu gizi itu sangat luas, selain ilmu kedokteran kita juga belajar tentang manajemen, gizi olahraga dan industri hingga psikologi. Jadi apakah kuliah gizi bermanfaat? ya bermanfaat banget dong hehe

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Gelar lulusan gizi itu apa sih?
Jadi untuk lulusan strata satu gizi mendapat gelar S.Gz, sedangkan gelar untuk lulusan strata satu gizi yang sudah mengambil Profesi Gizi adalah RD (Registered Dietitian). Mungkin sebagian besar kita masih belum familiar dengan gelar-gelar ini yah, tapi ya itulah gelar yang akan kalian dapatkan setelah menyelesaikan kuliah di jurusan gizi.

Prospek kerjanya gimana?
Sarjana Gizi bisa bekerja diberbagai bidang, lho 🙂 sepengetahuan saya lulusan gizi dapat bekerja di Rumah Sakit dan Puskesmas sebagai Konsultan Gizi, sebagai Staf penjamin mutu di industri makanan dan minuman, menjadi peneliti di lembaga penelitian gizi dan kesehatan, sebagai pagawai Badan POM maupun sebagai pengajar (dosen), dan bisa juga sebagai pengusaha catering.

Sekarang ini sudah banyak universitas yang memiliki Jurusan Gizi. Di UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana) sendiri, jurusan gizi masuk di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sedangkan di Undip, UB dan UGM jurusan gizi masuk ke dalam Fakultas Kedokteran. Di UI dan Unair, jurusan gizi masuk ke dalam FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat). Selain itu, jurusan gizi juga terdapat di Poltekes dan Universitas lainnya *silahkan cari sendiri ya*

Gimana? sudah tertarik bergabung bersama kami menjadi pejuang gizi masa depan Indonesia?
Mungkin itu aja sharing kali ini ya, jika ada yang ingin bertanya seputar gizi boleh banget langsung di kolom komentar di bawah atau boleh juga share ke teman-teman yang lain kalau menurut kalian konten ini bermanfaat. Semangat ya 🙂

Share this :

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.