Air Susu Ibu (ASI) memberikan nutrisi yang optimal untuk tumbuh kembang bayi. ASI Eksklusif diberikan sejak bayi lahir hingga 6 bulan pertama kehidupan.

Selama periode pemberian ASI Eksklusif, disarankan agar Ibu tidak memberikan asupan yang lain selain ASI. Setelah bayi berusia 6 bulan barulah ia bisa diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang terdiri dari aneka makanan dan kandungan nutrisi.

5 Manfaat ASI Eksklusif

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi tentang apasaja sih manfaat pemberian ASI ekskslusif bagi Ibu dan bayi

yuk simak uraiannya dibawah ini :

  1. Meningkatkan sistem imun bayi

Air susu ibu kaya akan antibodi yang membantu bayi Anda melawan virus dan bakteri. Khususnya pada Kolostrum atau ASI pertama. Kolostrum mengandung antibodi dalam jumlah yang tinggi, salah satunya adalah Imunoglobulin A (IgA) serta antibodi lainnya.

Antibodi dalam ASI membentuk lapisan pelindung pada hidung, tenggorokan dan saluran pencernaan bayi sehingga membantu mengurangi risiko bayi mengalami gangguan kesehatan seperti diare, alergi, konstipasi dan sebagainya.

2. Menyediakan nutrisi ideal bagi bayi

ASI mengandung nutrisi penting seperti vitamin, protein dan lemak serta semua nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda untuk menyempurnakan pertumbuhannya. Kandungan nutrisi dalam ASI merupakan yang paling mudah dicerna oleh tubuh bayi dibanding susu formula bayi.

Kandungan asam lemak dalam ASI memiliki peran penting dalam pembentukan dan perkembangan jaringan pada otak bayi sehingga penting dalam membantu kecerdasan bayi Anda.

3. Meningkatkan berat badan yang sehat pada bayi

Pemberian ASI ekslusif membantu mengontrol peningkatan berat badan pada bayi dan membantu mencegah obesitas pada anak. Air susu ibu mengandung bakteri baik bagi usus yang dapat membantu penyerapan lemak.

Bayi yang diberi ASI juga memiliki kandingan leptin yang tinggi. Leptin adalah hormon penting untuk mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak.

4. Membantu penurunan berat badan pada Ibu

Beberapa Ibu mengalami peningkatkan berat badan saat menyusui, sedangkan sebagian lainnya dengan mudahnya menurunkan berat badan selama proses ini. Pada saat menyusui terjadi proses pembakaran kalori.

Perlu diingat bahwa diet dan olahraga merupakan 2 hal penting yang mempengaruhi penurunan berat badan, baik saat menyusui maupun tidak.

5. Memperkuat hubungan Ibu dan Bayi

Pada proses menyusui terjadi skin-to-skin (bersentuhan) dengan bayi, dan kontak mata dengan bayi Anda sehingga membantunya terikat secara emosional dengan Anda dan memberikan merasa aman

Berkaitan dengan tulisan ini, setiap tahun pada tanggal 1 – 7 Agustus diperingati sebagai Minggu Menyusui Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) yang merupakan kampanye global untuk meningkatkan kesadaran dan menggalang aksi pada tema-tema yang berkaitan dengan menyusui. Tema WBW tahun 2020 adalah “Dukung Pemberian ASI untuk Planet yang Lebih Sehat.”

Meskipun pemberian ASI sangatlah penting namun beberapa wanita atau Ibu memilih untuk tidak memberikan ASI pada bayinya, ada juga yang karena keterbatasan sehingga tidak bisa memberikan ASI. Semua ini merupakan pilihan masing-masing orang.

Bagi sebagian orang yang memiliki keterbatasan dalam memberikan ASI, mampu menyusui dipandang sebagai privilege atau hak istimewa yang hanya dimiliki orang-orang tertentu.

Dalam rangka memperingati WBW 2020, marilah kita mendukung pemberian ASI eksklusif pada bayi dengan tetap menghargai keputusan setiap orang.

Sebagai seseorang yang belum memasuki masa menyusui, saya hanya berpendapat secara pandangan dan pengertian saya. Apabila diberi kemampuan untuk menyusui maka sebaiknya dilakukan. Namun, harus dengan hati yang ikhlas karena pada proses ini ikatan Ibu dan bayi sangat kuat sehingga bayi dapat merasakan kasih sayang yang tulus dari sang Ibu.

Sumber :
https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22254105/
https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22371471/
https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23178060/
https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-breastfeeding#1
https://www.webmd.com/parenting/baby/nursing-basics#1
Share this :

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.